Jumat, 04 November 2011

ISD (ilmu Sosisial dasar ) TUGAS

ILMU SOSIAL DASAR
ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR
1.PENDAHULUAN
Pendidikan tingkat tinggi di harapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat kemampuan yang terdiri atas :
1.Kemampuan Akademik
2.Kemampuan profesi dan
3.kemampuan pribadi
Pencapaian kemampuan akademik dan kemampuan profesi telah di usahakan melalui Mata Kuliah Keahlian(MKK) yaitu mata kuliah menurut bidang ilmu pengetahuan masing-masing di berikan di perguruan tinggi yang bertujuan untuk memberikan keahlian dalam bidangnya dan kemampuan menerapkan keahlian itu di dalam masyarakat.
Adapun kemampuan kemampuan pribadi , di harapkan untuk dapat di capai melalui Sekelompok Mata Kuliah yang tergabung dalam Mata Kuliah Dasar Umum ( MKDU ) yang terdiri atas mata –mata kuliah :
1.Pancasila
2.Agama
3.Kewiraan
4.Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
5.Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
6.Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Pada dasarnya ke 7 mata kuliah Dasar Umum ini di perguruan tinggi di Indonesia dapat di kelompok menjadi 2 Kelompok kelompok yang pertama meliputi mata kuliah : Pancasila, dan Agama , Pendidikan sejarah perjuangan bangsa dan kewiraan, kelompok ini di harapakan dapat memberikan dasar pedoman untuk bertindak sebagai warga Negara yang terpelajar yang baik.
Kelompok kedua meliputi mata kuliah : IAD , ISD, IBD kelompok ini di harapkan apat membantu kepekaan Mahasiswa terhadap lingkungan alamiah,lingkungan sosial dan lingkungan budaya.
Secara spesifik kemampuan pribadi yang hendak di capai melalui MKDU bertujuan menghasilkan warga Negara yang berkualifikasi sbb:
a. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha esa bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
b. Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadiaan yang tinggi yang mendahulukan kepentingan Nasional dan kemanusian sebagai sarjana indonesia.
c. Memiliki wawasan Sejarah Perjuangan Bangsa , sehingga dapat memperkuat semangat bangsa , mempertebal rasa cinta tanah air , meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, mempertinggi kebanggaan nasional dan kemanusian sebagai sarjana indonesia .
d. Memilikin wawasan komprehensif dan pendekatan integral didalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial ekonomi, politik , pertahanan dan keamanan maupun budaya.
e. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan kualitas,maupun lingkungan alamiah serta bersama –sama berperan didalam pelestariannya.
Tema pokok perkuliahan ISD sebagai bagian dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya .
2.ISD : Pengertian , Tujuan ISD dan IPS
àPengertian
Berdasarkan sumber filsafat yang di anggap sebagai ibu jari dari ilmu pengetahuan , maka ilmu pengetahuan dapat di kelompokkan menjadi 3 :
a. Natural siences ( ilmu –ilmu alamiah ) meliputi : Fisika, Kimia ,Astronomi, Biologi dll
b. Sosial siences ( Ilmu-ilmu sosial )yang terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik dan Antropologi, Sejarah, Psikologi,Geografi, dll
c. Humanities (ilmu-ilmu budaya) yang meliputi : Bahasa,Agama, kesusatraan,Kesenian, dll.
Maka dapat di artikan bahwa ISD Dan IBD adalah : Satuan pengetahuan yang di kembangkan sebagai usaha pendidikan.
Ilmu Sosial Dasar adalah : Pengetahuan yang menelaah masalah –masalah sosial , khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan pengertian –pengertian (fakta, konsep,teori )yang bersal dari berbagai bidang pengetahuan dan keahlian dan lapangan ilmu sosial .
Seperti : sejarah, ekonomi,geografi, sosial, sosiologi, antropologi, physikologi sosial.
è Tujuan
ISD mempunyai tujuan pembinaan pembinaan Mahasiswa agar :
a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan –kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial yang timbul dan tanggap untuk ikut serta dalam dan usaha-usaha menanggulanginya.
c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyrakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajari secara kritis –interdispliner.
d. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dapat dan berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat
3. Ilmu Sosial Dasar ( ISD )dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
ISD dan IPS memunyai persamaan dan perbedaan ,
Adapun persamaan adalah sbb:
a. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/ pengajaran.
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c. Keduanya terdiri dari materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial .
Adapun perbedaan antara keduanya adalah sbb:
a. ISD di berikan di perguruan tinggi sedangkan IPS di berikan di sekolah dasar dan lanjutan .
b. ISD merupakan suatu mata kuliah tunggal,sedangkan IPS merupakan kelompok sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan )
c. ISD diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian sedang IPS diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterempalin sosial.
4.Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Bahan pelajaran ilmu Sosial Dasar dapat di bedakan atas 3 golongan :
a. Kenyataan –kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat secara bersama-sama merupakan masalah2 sosial tertentu.
b. Konsep-konsep sosial atau pengertian tentang kenyataan –kenyataan sosial di batasi pada konsep dasar atau elementer saja.
c. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat , terlibat dalam berbagai kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lain saling berkaitan.
Ilmu sosial Dasar terdiri dari 8 pokok pembahasan yaitu :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat
3. Masalah Pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antar warga Negara dan Negara
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi .
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar